Sabtu, 13 Agustus 2011

RESENSI PERANG UDARA DI EROPA


PERANG UDARA DI EROPA
Hak cipta : Darma Aji

Terbit pertama kali dalam bahasa Indonesia
Oleh penerbit buku Kompas, juni 2007
PT Kompas Media Nusantara
Jalan Palmerah Selatan 26-28
Jakarta 10270

380 halaman : 14 x 21 cm
ISBN : 978-979-709-313-6









PERANG UDARA DI EROPA

BAB 1
Mandi Darah Di Langit Berlin
Berlin, ibu kota jerman Nazi, mengalami 363 kali serangan udara sepanjang perang dunia dua. Komando bomber AU Inggris (RAF) sudah melancarkan serangan udara sejak tahun 1940, selanjutnya ditimpali oleh AU ke-8 Amerika sejak tahun 1942, sebagai kampanye pengebomban strategis dari jerman.
Sebelum pada tahun 1939, presiden AS Franklin D Roosevelt menyampaikan permohonan kepada negara-negara yang terlibat perang, supaya membatasi operasi pengeboman hanya pada sasaran militer saja. Prancis dan Inggris setuju dengan syarat hal yang sama ditaati pula oleh musuh. Tetapi yang namanya perang, ketentuan seperti itu tidak bisa sepenuhnya ditaat.

BAB 2
Kolonel Galland Lindungi Armada Jerman Terobos Perairan Inggris
Letnan komander (setara mayor) Eugene Esmonde merasa gelisah, ia duduk di kokpit pesawat peluncur torpedo fairey swordfis-nya menanti aba-aba untuk lepas landas, tinggal menunggu tibanya pengawalan oleh pesawat burusergap spitfire.
Misi mereka skadron 825 penerbangan AL dari pangkalan maston di kent-hari itu sangat penting dan sudah ditekankan oleh PM Winston Churchill. Jerman harus membayar mahal  keberanian tiga kapal perang besar mereka penjelajah tempur scharnhorst dan gneisenau, serta penjelajah barat prinz eugen- melintasi selat chanel di siang bolong di situ AL kerajaan berkuasa berabad-abad, dan mereka harus di tenggelamkan.





BAB 3
Dieppe Puncak Kejayaan Luftwaffe Di Front Barat
Meskipun berhasil menghalau serangan udara besar-besaran Luftwaffe atas tanah air, sehingga komano burusergap AU Inggris menjadi formasi militer paling terkenal di jagat berbahasa Inggris-AU sendiri belumlah menjadi kekuatan udara yang tangguh dan efesien guna melancarkan perang udara di deseberang selat chanel. Pilot-pilot muda di kirim terbang di atas eropa yang di kuasai jerman hanya sekedar mencicipi tantangan sejati, tanpa kejelasan arah dan tujuan aksi itu.

BAB 4
Karena Gelap Melindungi Kita Dari Incaran Elang
London, malam hari ke 29 bulan desember 1940 ibu kota kerajaan tengah dilanda kebakaran hebat di serateronnya. Serangan udara besar-besaran Luftwaffe baru saja berlalu.
Seseorang perwira tinggi AU terpaku diam melihat kebakaran hebat itu. Hanya kubah besar dari katedral santo paul di dekat kantornya, depertemen keudaraan yang tidak tersentuh bom, kobaran api, dan asap. Si pewira bersumpah akan tiba saatnya nanti hal ini akan di bahas.

BAB 5
Bomber Amerika Menjemput Maut Di Siang Bolong
Bagi sekutu situasi perang di awal 1942 sangat menyakitkan. Pasukan jepang dengan mantap maju menguasai daerah demi daerah sekutu di fasifik. Jerman menenggelamkan hampir setiap kapal yang mendekati benua eropa. Inggris raya yng dikepung oleh blokade laut dan serangan udara jerman, kesulitan logistik dan personil.
Dalam kondisi itu panglima korp udara AD amerika jendral Henry Anold mengutus jenderal Ira Eaker dan kemudian disusul oleh jenderal Carl Spaatz ke inggris untuk menyuun kesatuan yang diberi nama komando bomber ke 8 dan kemudian berkembang menjadi AU ke 8.

BAB 6
Duel Burung Kecil Di Selat Channel
Kesatuan terkenal dan menjadi legenda bermunculan kedalam duel udara dilangit eropa barat ini. Mereka saling berburu dan menembak jatuh, tetapi bukanlah pembunuhan berdarah dingin. Lawan yang sudah rusak berat tidaklah di libas habis, melainkan diberikan kesempatan pulang dan diserahkan kepada yang di atas sana. Tidak jarang munculperasaan resfek satu sama lain meskipun dalam perang mereka adalah musuh.

BAB 7
Mengawal Tanah Air Taktik Babi Hutan Hingga Jet
Serangan ke hambrug jelas menghancurkan moral rakyat. Jika kita tidak segera menemukan cara mengalakan teror ini segera, situasi sangat sulit akan terjadi.
Milch tidak omong kosong, ia menyampaikan halitu pada sebuah pertemuan komando tinggi luffwaffe di berlin, siang hari 30 juli 1943. Subuh sebelumnya Hamburg kembali dihantam serangan bomber-bomber inggris. Kota itu sudah mati di tinggal penghuninya ke luar kota. Tanggal 29 juli, gubernur kaufmann meminta warga yang tidak berkaitan dengan industri perang untuk mengungsi ke luar kota.

BAB 8
Target Untuk Invasi Dan Persaingan Raja Bomber
3 tahun lamanya royal air force (AU) inggris menjalani kampaye siang bolong menghadapi luftwaffe. Masing-masing melancarkan seranga cepat tembak dan lari terhadap lapangan terbang lawanya dari ketingian rendah. Serangan yang dampaknya ringan saja namun tetap saja mengganggu.





BAB 9
Jerman Kembali Menggempur Inggris
Begitu kuatnya serangan udara sekutu ke kota-kota jerman membuat naluri ofensif hitler berkobar. Ia memerintahkan serangan udara balasan ke kota-kota di inggris. Di tangal 3 desember 1943 goering memberi intruksi kepada jendral mayor dietrich pelz panglima komando bomber fron barat, guna membalas serangan terkonsentrasi pada kota-kota khususnya pusat industri dan pelabuhan.

BAB 10
Pertempuran Dilangit Normandia Dan Pedalaman Prancis
Serbuan tersebut tergolong operasi militer paling besar dan ruwet dalam sejarah manusia. Ribuan jam orang dihabiskan untuk membuat rute pelayaran buat sekitar 6000 kapal. Misi mengordinasikan ribuan orag didarat, udara, dan laut  melampaui segala perkiraan sebelumnya. Walau begitu berhasil dilaksanakan dengan baik.

BAB 11
Rocet Jerman Menghantam London
Total jumla mencapai 10.500 roket VI di tembakkan ke inggris . sebanyak 80% di tembakan dari darat. Sebanyak 7.488 berhasil menyebrangi selat channel inggris dan 3.957 jatuh sebelum bisa menerobos ke targetnya. Dari 3.957 yang bisa menerobos pertahanan , 2.419 jatuh di ondon, sekitar 30 menghantam southampton dan portsounth, serta satu mengenai manchester.







BAB 12
Menyerang Fasilitas Perminyakan Jerman
Sejak tahun 1939 angka produksi bahan bakar oktan tinggi untuk pesawat terbang jerman jauh dari kebutuhan perang besar dan lama. Dua tahun terakhir sebelum perang jerman mengimpor dan menyimpan cadangan 350.000 ton cukup untuk insentif udara selam tiga bulan, meski minyak dalam negri hancur total.

BAB 13
Bomber Vs Buru Sergap Adu Kuat Dalam Duel Jarak Dekat
Sebagai panglima komando burusergap luftwaffe ia menerima banyak saran dan pendapat prihal mengahancurkan bomber sekutu secara massal, sehingga  bisa menghentikan kampanye ofensif sekutu. Mayor Galland untuk memimpin satu unit khusus dengan pilot sukarelawan yang bersedia menabrak bomber amerika lalu terjun dengan parasut.

BAB 14
Cakar Elang Jerman Mengoyak Operasi Market Garden
Marsekal medan montgomery membujuk eisenhower, panglima tertingi untuk eropa guna mengalokasikan seluruh suplai yeng tersedia di benua untuk melancarkan serbuan melalui belanda, serta menguasai batu pijakan menyebrangi sungai rhiene. Untuk itu montgomery mengarahkan tentara lintas batas udara I dalam penerjunan besar-besaran.

BAB 15
Ofensif Pamungkas Di Ardennes Operasi Bodenplatte
Meskipun terdesak Adolt Htler belum putus asa, insting ofensipnya menyala, ia meniai sektor dennes di lini amerika sangat lemah dan mudah ditembus. Maka ia menyusun 7 devisi lapis baja guna menerobos sektor itu, dengn target maju terus pasokan logistik sekutu sekitar 130 kilometer jauhnya dari ini jerman.

BAB 16
Jet Luftwaffe Gagal Hancurkan Jembatan Remagen
Setelah gagalnya ofensif ardennes jerman semangkin cepat ambruk. Di front timur rusia melancarkan serbuan besar-besaran ke prusia timur dan hungaria. Viena terancam. Nasib berlin pun tinggal tunggu waktu. Di front barat, sekutu bersiap menyebrangi sungai rhie dan menusuk Nazi dengan lapis baja.

BAB 17
Hari-Hari Terakhir Luftwaffe 
Claus adalah pemuda yang ketakutan tersesat dilangit. Namun saat itu meskipun ia lumpuh ia berang dan ngotot ingin membunuh musuh, hanya satu dalam pikirannya hancurkan bomber B17 yang masih sekitar 3 kilometer jauhnya. Dan akhirnya 20 detik terakhir hidupnya memiliki makna besar dan ia tidak ambil pusing denga peluru yang berterbangan menyambutnya.

















KELEBIHAN BUKU
-          Uraian setiap BAB cukup meluas dan sangat jelas
-          Di lengkapi dengan gambar
-          Dalam penulisannya sangat bagus
-          Mempunyai daptar pustaka yang jelas
-          Mempunyai indeks
-          Kalimat yang di anggap penting di buat menjadi miring
-          Di lengkapi biodata penulis

KEKURANGAN BUKU
-          Judul per BAB susah dimengerti, menggunakan kalimat istilah
-          Di dalam uraian materi banyak terdapat kalimat yang membingungkan.
-          Gambar tidak berwarna

1 komentar: